Senin, 04 Desember 2017


ustadz: ada apa dik kok nampak sedih sekali
Santri : Saya ada banyak masalah ustadz
ustadz: masalah apa dik jika boleh tau?
santri: Banyak ustadz, masalah seperti datang silih berganti  dari masalah sendiri, dari teman hingga masalah keluarga dll. bagamana ya ustadz biar ada solusi dari setiap masalah?
Ustadz: Dik setiap yang hidup pasti ada ujian dgn masalah2 yang datang, emang  dunia ini tempat ujian bagi manusia maka sesungguhnya bukan ujian yang menjadi masalah tapi penyikapan kita menghadapi ujian tersebut. ada beberapa hal agar kita segera mendapat solusi : pertama : tetap berpikiran positip ada hikmah dibalik ujian itu, ada yang manis dibalik kepahitan, ada kemudahan dibalik kesusahan. kedua evaluasi diri adakalanya ujian itu datang sbb kesalahan kita sehingga allah ingin menegur kita sehingga kembali ke jalan sebenarnya, ketiga jangan fokus pada ujian tapi solusi seperti saat anda naik sebuah mobil didepan banyak sekali lobang yang becek mk jangan fikir lobangnya fikirkan hal positif cari jalan yang bisa dilewati. Gimana paham?
santri: Paham, tapi seringnya masalah yang lalu itu menjadi penghalang kita untuk maju penuh optimis ustadz.
ustadz: jadikan masa lalu seperti spion mobil bolehlah kita melihat ke belakang lewat spion tsb tapi jangan keterusan bisa nambrak mobil kita. ambil hikmah dari kesalahan masa lalu, pelajaran untuk perbaiki masa depan. jika punggungmu masih terbebani bagaimana kau akan lulus menghadapi ujian hidup ini.
Surah Al-Mulk,  2
الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,”

Surah Al-Inshirah,  Verse 6:
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
#Zain for Kajian TQ

0 komentar :

Posting Komentar