Senin, 04 Desember 2017


Santri : Assalamualaikum wr. wb, apa boleh saya bertanya ustadz?

Ustadz : waalaikumsalam, boleh dik. tanya apa?

santri : saya mau bertanya tentang Cinta pada Allah. Cinta pada Allah itu hukumnya bagaimana ustadz?

Ustadz : Cinta pada Allah bagi orang beriman itu wajib dan hanya Allahlah yang patut di cintai dengan sepenuh hati, sebab cinta padaNya akan kekal abadi, kematian malah akan mempertemuka seseorang pada Allah yang dicintai, “Tidak sempurna iman kalian sehingga dia mencintai Allah melebihi apapun yang dia cinta didunia ini” ini pesan nabi kita Muhammad SAW.

santri : Kalau cinta pada manusianya kan ada getaran cintanya, lha trus cinta pada Allah itu seperti apa ustadz? mohon penjelasannya?

Ustadz : Adik, cinta itu tidak harus ada perasaan asmara sebagaimana cinta pada orang tua, ulama’ dan saudara seiman, Cinta pada Allah dilandasi dengan akal buka perasaan semata. Renungkanlah  betapa Allah sudah menganugrahkan banyak nikmat padaMu, nikmat sehat, nikmat iman, nikmat udara, nikmat makan minum dsb. lihatlah disekelilingmu betapa banyak orang-orang yang lebih menderita tidak mendapatkan apa yang kau dapatkan, dan Allah telah menunjukan hidayah Islam padamu, dgnnya kamu mengenal Islam, mengenal rasul, mengenal akhirat, dengannya Allah menuntuntmu menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. bukankah Allah sangat perhatian padamu. bukankah Allah layak dicintai dari pada yang lainnya didunia ini.

santri : Bagaimana cara kita mencintai Allah ustadz?

Ustadz : Pertanyaanmu bagus dik, jangan kau hiraukan perasaan cintamu sudah ada atau belum ada. yang penting hatimu, akalmu, kefahamanmu sudah sudah meyakini Allah yang patut di di Cintai lalu buktikan. Cinta tidak janji dan perasaan semata tapi bukti. Buktikan cintamu dengan mengikuti perintah Allah, menjauhi laranganNya, jangan kau langgar ketetapan2 Allah, jangan kau korbankan Cinta Allah sebab cinta dunia dan yang penting ikuti teladan kita Rasulallah SAW

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (31)
قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ (32) آل عمران

Allah berkalam, “Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

0 komentar :

Posting Komentar